Senin, 15 Juli 2013

PT. GUDANG GARAM. Tbk

PT. GUDAM GARAM. Tbk



  PT. Gudang Garam Tbk adalah sebuah merek/perusahaan produsen rokok populer asal Indonesia. Didirikan pada 26 Juni 1958 di Kediri oleh Tjoa Ing Hwie, perusahaan rokok ini merupakan peringkat kelima tertua dan terbesar di Indonesia (setelah Djarum) dalam produksi rokok kretek. Perusahaan ini memiliki kompleks tembakau sebesar 514 area di Kediri, Jawa Timur. Keahliannya mengolah racikan tembakau didapat ketika ia mengikuti pamannya bekerja di pabrik rokok Cap 93. Masa itu Cap 93 adalah produsen rokok terkenal di wilayah Jawa Timur. Namun pada tahun 1956 Tjoa Ing Hwie meninggalkan Cap 93. Karena kemajuannya dia membeli tanah di Kediri dan memulai produksi rokok sendiri, diawali dengan rokok kretek dari kelobot dengan merek Inghwie. Setelah dua tahun berjalan Ing Hwie mengganti nama perusahaannya menjadi Pabrik Rokok Tjap Gudang Garam. Dan kenapa "Gudang Garam" namanya? Tjoa Ing Hwie bermimpi tentang sebuah gudang tua penyimpanan garam. Di seberang gudang tersebut berdiri pabrik Cap 93 yang terlihat mentereng. Tjoa Ing Hwie pun menceritakan perihal mimpinya pada salah satu karyawannya. Dan mimpinya pun coba diterjemahkan kedalam sebuah gambar ilustrasi. Berawal dari itu, Tjoa Ing Hwie untuk menetapkan gambarnya menjadi logo produk rokok, dengan merek dagang Gudang Garam. Pada tahun 1984 pengendalian perusahaan disahkan untuk anak Wonowidjojo itu, Rachman Halim, yang kemudian menjadi orang terkaya di Indonesia. Halim memimpin perusahaan sampai kematiannya pada tahun 2008. 

 Sedikit pemberitahuan :
Coba perhatikan baik-baik logo Gudang Garam.
1. Ada 5 bangunan yang berdiri berhimpitan.
- 2 bangunan dari kiri semua pintunya terbuka
- 2 bangunan disebelahnya, setengah pintu terbuka
- 1 bangunan paling ujung kanan, semua pintunya tertutup.
2. Dibelakan kanan dari kelima bangunan tersebut berdiri dua gunung, dengan bentuk yang simetris.
3. Di depan kelima gedung melintas sebuah rel kereta.



  Dan banyak sekali persepsi menyatakan lambang ini adalah sebuah lambang Yahudi.
 

 Dan beberapa produk merk rokok dari Gudang Garam adalah,

  • Gudang Garam International
  • Surya Brand
    • Surya 12
    • Surya 16
    • Surya 12 Premium
    • Surya 16 Exclusive
    • Surya Pro
    • Surya Pro Mild
    • Surya Signature
    • Surya Slims
  • Gudang Garam Merah
    • Gudang Garam Djaja
    • Sriwedari Lurik
    • Sriwedari Biru Lurik
    • Nusa
    • Gudang Garam Klobot
  • GG Mild (Successor of Gudang Garam Nusantara)
    • Nusantara Hijau (Menthol) and Nusantara Merah (Regular)



  Namun ada salah satu produk Gudang Garam yang sempat dibicarakan para masyarakat penikmat tembakau khusunya penikamat "Gudang Garam Internasional", yaitu rahasia dibalik "Bungkus Rokok Gudang Garam Internasional". Namun ada banyak juga perokok yang belum tahu ada apa dibalik Bungkus Gudang Garam Internasonal itu. Jika kita merobek bagian bawah bungkus Gudang Garam Internasional Filter ada kotak yang dibagi menjadi 4 warna, MERAH, HITAM, BIRU, dan EMAS. 



Untuk apa kira-kira warna-warna tersebut? 

 Mari saya bicarakan menurut pendapat masyarakat yang sudah mencobanya. Dan banyak yang mengatakan jika kita mengosokkan ujung filter kita pada salah 1 warna pada kotak-kotak tersebut maka kita akan merasakan rasa tembakau yang berbeda-beda, tergantung diwarna apa kita menggosoknya.

MERAH : Rasa tembakaunya lebih tajam dan lebih keras dari biasanya.

HITAM : Medium rasa tembakaunya pas dilidah..
BIRU : Bau tembakaunya khas banget, agak-agak kayak bentoel biru gitu.

EMAS : Yang ini soft banget, lebih soft dari rokok filter yang biasa kita hisap.

 Dan yang pasti penilaian rasa tiap orang berbeda-beda, tergantung lidah masing-masing tapi yang jelas rasa dan bau tembakaunya benar-benar berubah setelah digosok. Tapi secara logika, hanya sebuah bungkus dari kertas bisa membuat rasa tembakau berbeda apa mungkin? Apa bungkus rokok "Gudang Garam" terbuat dari bahan yang berbeda? Atau warna tinta tersebut diberi tambahan aroma, seperti katalog-katalog parfum??
 Dan jawabannya adalah Ada pihak karyawan "Gudang Garam" yang membantah semua kode-kode warna pada bungkus "Gudang Garam Internasional" yang membuat rasa tembakau berbeda, ke 4 warna itu adalah kode untuk mesin pengemas rokok bukan pengubah rasa tembakau!


Namun jika masih penasaran cobalah sendiri saja bro sist, namun pakailah sugestimu untuk ke 4 warna itu, agar semua yang dikatakan masyarakat benar-benar MAGIC!! Selamat mencoba diantara Percaya & Tidak Percaya. :)

1 komentar: