Jumat, 26 Juli 2013

Lemak Berlebih Lambang Kemakmuran???



Hallo pria dan wanita berlemak tebal. Jika kalian menganggap berat badan berlebihan itu sebuah lambang kemakmuranmu, mungkin kemakmuranmu hanya bersifat sementara saja. Bisa saja dengan beberapa kilo lemak yang menempel dibadan kalian itu adalah lambang kemiskinan atau pun bisa dibilang penyakit yang kapan pun siap menyiksamu. Mengapa demikian? Mungkin jika saatnya lemak-lemak itu sudah kejam dan menutupi paru-paru kalian, semakin juga kalian merasakan dampak dari lemak yang jahat itu.





Beberapa penyebab timbulnya lemak, 
1. Strees 
 Anda sudah senantiasa menjaga pola makan yang sehat dan teratur, serta berolahraga dengan rajin. Namun mengapa berat badan Anda masih bertambah? Bisa dibilang pemicunya adalah strees. Karena saat strees, ada hormon tubuh yang meningkat, dan menyebabkan akumulasi bertambahnya lemak di tubuh dari makanan. Jadi semakin Anda stres, maka semakin berat badan Anda tak mau juga berkurang meskipun Anda sudah berolahraga teratur.

2. Kurang Tidur
 Menurut penelitian, kurang tidur mengganggu metabolisme tubuh. Ini dapat berakibat berat badan meningkat juga, sebab kalori yang Anda konsumsi tak berubah menjadi otot, melainkan di simpan dalam bentuk lemak. Kurang tidur juga memicu Anda untuk sering makan dimalam hari, dan membuat perut kalian gendut dan berlemak. 

3. Obat
 Beberapa jenis obat bisa membuat badan kita bertambah gemuk. Contohnya seperti, Pil KB, Steroid, Obat anti depresi, Obat migrain, dsb.

4. Menopause
 Mungkin kebanyakan wanita di usia 40-an mengalami menopause yang menyebabkan terjadinya perubahan hormon. Hal ini diakibatkan karena kurangnya tidur, nafsu makan bertambah, dan stres.

5. Junk Food
 Kandungan kalori, sodium, dan lemak yang tinggi dalam junk food membuat berat badan cepat pesat bertambahnya.

6. Hipertiroid
 Hipertiroid merupakan penyakit yang terjadi di daerah leher yang terdapat kelenjar tiroid. Jika kelenjar tiroid mengalami gangguan, tidak seimbangya kelenjar tiroid yang dihasilkan dan hormon tiroid yang dihasilkan kelenjar tiroid tidak cukup, maka dapat menyebabkan badan mudah lelah, lemas, dan bertambahnya berat badan. Jika tubuh mengalami kekurangan tiroid, maka proses metabolisme menjadi lambat sehingga berat badan dapat bertambah.


7. Melakukan Olahraga yang Salah
 Jika Anda melakukan gerakan olahraga yang sama dalam periode terlalu lama, tubuh akan beradaptasi dengan gerakan tersebut. Akibatnya, latihan tidak lagi memberi hasil maksimal pada tubuh Anda dibandingkan saat awal-awal latihan dulu. Gerakan-gerakan olahraga yang dilakukan di tempat fitnes biasanya hanya bermanfaat dalam jangka pendek. Misalnya saja, latihan angkat beban berguna membentuk otot lengan dan dada. Jika lengan dan dada telah terbentuk sempurna, maka latihan angkat beban tersebutsebaiknya tidak Anda lakukan lagi. Untuk mendapat hasil lebih maksimal dari olahraga, adalah dengan memberi 'tantangan baru' bagi tubuh untuk mencoba jenis latihan yang berbeda-beda. Ganti gerakan secara konstan, minimal dua minggu sekali. Perubahan tidak perlu terlalu besar. Misalnya, ganti dumbbell squat dengan barbell squat, atau dumbbell ditukar dengan kettlebell.
"Mengganti jalan cepat dengan jogging, bisa meningkatkan pembakaran kalori hingga 100 persen. Anda tentunya bisa mempersingkat waktu saat berolahraga," jelas Dr Ulf Ekelund, spesialis olahraga dan obesitas di Medical Research Council.

 Beberapa hal yang sering dirasakan akibat berat badan berlebihan,
1. Badan menjadi terasa berat sehingga baru olahraga sebentar sudah terasa lelah yang akhirnya berlanjut dengan malas bergerak.
2. Pakaian menjadi terasa sempit sehingga harus membeli atau menjahitkan pakaian baru.
3. Duduk sambil memasang sepatu atau membetulkan tali sepatu yang terurai juga terasa mengganggu terutama dibagian perut terasa mengganjal.
4. Tidak kuat lari dalam jangka waktu yang lama karena nafas menjadi kurang panjang, ngos-ngosan dan kaki terasa berat untuk diajak melangkah.
5. Penampilan terasa menjadi kurang menarik, perut buncit, pipi menggembung dan  pundak, tengkuk terasa tebal.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami,
Diet yang Seimbang
  Yang dimaksud diet seimbang di sini adalah bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan gizi secara ideal yang dibutuhkan oleh tubuh dengan proporsi yang tepat. Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, karbohidrat, protein serat, kalsium dan lemak secara seimbang dan tidak berlebihan akan membantu menurunkan berat badan Anda.

Lemak dan Protein
  Beberapa sumber protein tinggi seperti ikan, daging, telur, brokoli harus di penuhi untuk nutrisi tubuh. Fungsi protein untuk membangun dan membentuk otot yang di hasilkan oleh lemak sehingga bentuk badan anda tidak terlihat gemuk dan juga dapat menurunkan berat badan. Minyak zaitun (Olive oil) merupakan sumber lemak yang baik. Mengkonsumsi makanan dari minyak zaitun sangat baik dalam menurunkan berat badan anda.


Karbohidrat
  Banyak yang beranggapan akan dapat menurunkan berat badan dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Padahal pendapat ini sebenarnya sangat keliru. Karbohidrat adalah sumber energi yang sangat penting untuk aktifitas kita sehari-hari. Jika asupan karbohidrat sangat kurang atau dihentikan, maka tubuh akan menjadi lemas dan kurang tenaga. Untuk menurunkan berat badan, batasi saja konsumsi karbohidrat, tapi bukan dihentikan sama sekali.

Hindari Makanan Pemicu Kegemukan
 
Beberapa makanan yang memicu kegemukan seperti makanan tepat saji, makanan berlemak tinggi, minuman berkarbonat, semua jenis alkohol dan makanan berkalori tinggi.

Banyak Minum Air Putih
 
Air putih adalah salah satu penetralisir dalam tubuh kita. Dengan melakukan diet air putih secara tepat, Anda akan bisa menurunkan berat badan hingga ke angka yang ideal.

Menambah Waktu Olahraga
 Cara pertama dalam menurunkan berat badan adalah berolahraga. jika sebelumnya Anda juga rutin melakukan olahraga, maka menambah jadwal olahraga adalah cara pertama yang harus Anda lakukan. Jika sebelumnya Anda belum melakukan olahraga sama sekali, bantulah dengan berolahraga supaya lemak yang menempel hancur dan tidak diam dibandanmu saja.

 Dan sebelum Anda melakukan berbagai upaya untuk menurunkan berat badan, sangat penting ada perencanaan seberapa banyak anda ingin menurunkan berat badan agar mendapatkan berat badan yang ideal.

Untuk mengetahui berat badan yang ideal anda dapat lihat rumusannya di bawah ini:
Berat badan ideal untuk dewasa maupun remaja:
Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) x 90%
Berat badan ideal anak 1-10 tahun:
BBI = (umur x 2 ) + 8

  Oke gays, itulah tadi sekilas tentang penyebab, akibat, dan cara menurunkan berat badan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Kalian bisa mempraktekan dan memahaminya dengan naluri kalian sendiri. Jika ingin makmur janganlah lemak yang kamu andelin, istri yang cantik saja sudah cukup untuk membuat makmur dan sejahtera. Dan cara di atas bisa kalian praktekkan sendiri dalam kehidupan sehari-harimu. Dengan ketekunan dan disiplin yang tinggi terutama dalam menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi, berat badan ideal yang Anda inginkan akan segera tercapai Bismilah, amin. Selamat mencobanya semoga sukses. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar